Sesuai namanya, Yamaha Aerox 125 LC (Liquid Cooled) ini memiliki kapasitas mesin sebesar 125cc non Blue Core. Yamaha mengklaim jika Aerox merupakan skutik yang memiliki power mesin terbesar di kelasnya. Aerox 125 LC diklaim memiliki power maksimum 8,4 kW di 9.000 rpm dengan torsi maksimum 10,4 Nm di 6.500 rpm. Dengan data tersebut, maka tenaga Aerox 125 LC memang dapat dikatakan cukup powerful jika dibandingkan dengan skutik lainnya.
Penamaan Aerox 125 LC bisa dikatakan memiliki makna yang cukup dalam. 'Aero' merupakan kependekan dari Aerodinamis baik dari segi desainnya, sedangkan 'X' memiliki arti Xtreme yang diwujudkan dari performa, manuver maupun handlingnya. Sedangkan LC yang ada di belakang 'Aerox' merupakan singkatan dari Liquid Cooled yang berarti motor matic ini memiliki sistem mesin dengan pendingin yang berupa radiator. Selain itu, terdapat tiga karakter yang sedianya ingin ditonjolkan oleh Yamaha melalui skutik terbarunya ini, yaitu top performance (performa terbaik), racing style (gaya balap) serta agile manuver (manuver yang lincah).
Dari penampilannya, Yamaha Aerox 125 LC bisa dikatakan memiliki karakter desain sport yang kuat. Aroma sporty pada Aerox 125 LC ditegaskan dengan body yang futuristik dengan body yang kekar dan berotot dan aerodinamis serta penampilan setang tanpa pembungkus. Aerox memiliki desain front headlamp mirip dengan air duct YZR-M1 dengan bohlam yang sudah LED. Bagian buritan dari body hingga kebelakang meruncing dengan bagian tengah body yang terlihat agak besar karena mampu untuk menampung helm standar dari Yamaha.
Menariknya, pada bagian jok sudah di custom dengan bentuk yang agak menonjol pada bagian depan dan belakang. Fitur ini sebagai pembatas antara pengendara dengan pemboceng agar posisi duduk keduanya tidak bergeser. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan ekstra bagi sang pengendara maupun yang dibonceng.
Speedometer Aeorox memiliki desain yang sporty, sekilas bahkan mirip dengan model jam tangan yang sporty. Kesan lincah langsung tampak dari bagian setang yang tanpa balutan, model ban belakang yang lebar berukuran 100/70-14. Dengan semua fitur-fitur yang ditawarkan, Yamaha secara resmi membanderol skutik ini seharga Rp 18,3 juta, yang artinya bahwa skutik ini otomatis masuk dalam kategori skutik premium. Aerox LC memiliki tiga pilihan warna yang dapat dipilih, yaitu Racing Blue, Champion Matt Grey, dan Light Speed White yang agak mirip dengan livery Yamaha MotoGP 2016.
Spesifikasi | Yamaha AEROX 125 LC 125cc | ||
---|---|---|---|
RANGKA | |||
Suspensi Depan | : Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | : Underbone | ||
Ban Depan | : Teleskopik | ||
Ban Belakang | : Unit swing, 70/90-14M/C 34P | ||
Rem Depan | : Disc brake | ||
Rem Belakang | : Drum brake | ||
| Champion Matt Grey | ||
MESIN | |||
Tipe Mesin | : Liquid cooled, 4-stroke, SOHC | ||
Jumlah / Posisi Silinder | : Single cylinder | ||
Diameter X Langkah | : 52,4 x 57,9 mm | ||
Kompresi | : 10,9 ± 0.4 : 1 | ||
Daya Maksimum | : 8.4kW/9000rpm | ||
Torsi Maksimum | : 10.4Nm/6500rpm | ||
Sistem Starter | : Elektrik & kick starter | ||
Kapasitas Oli Mesin | : Total = 0,90 L ; Berkala = 0,80 L | ||
Sistem Pelumasan | : Basah | ||
Sistem Bahan Bakar | : Fuel Injection | ||
Tipe Kopling | : Kering, sentrifugal | ||
Tipe Transmisi | : V-belt automatic | ||
| Light Speed White | ||
KELISTRIKAN | |||
Sistem Pengapian | : TCI | ||
Battery | : YUASA/YTZ5S | ||
Tipe Busi | : NGK/CR7 | ||
| Racing Blue | ||
DIMENSI | |||
P X L X T | : 1857mm X 742mm X 1070mm | ||
Jarak Sumbu Roda | : 1265mm | ||
Ground Clearance | : 135mm | ||
Berat | : 102 kg | ||
Kapasitas Tangki Bensin | : 3,8L |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar