Banyak faktor yang dapat menyebabkan mengapa seorang pemilik kartu ATM bisa sampai salah memasukkan nomer PIN-nya, bahkan hingga 3 kali. Faktor yang paling sering terjadi biasanya dikarenakan lupa, lalai untuk mencatatnya, dalam keadaan yang tergesa-gesa, pikiran yang kurang fokus atau bahkan mungkin karena kurang memahami cara kerja mesin ATM. Tentu saja selain faktor-faktor tersebut, masih banyak lagi penyebab teknis lainnya.
Lihat juga: #Cara Melakukan Setor Tunai Menggunakan ATM Cash Deposit Machine (CDM)
Ilustrasi Kartu ATM Yang Terblokir (img credits: netlaw.de) |
Bagi Anda pemilik kartu ATM wajib tahu jika Anda melakukan kesalahan memasukkan nomer PIN sebanyak 3 kali, maka secara otomatis kartu ATM Anda akan terblokir oleh sistem. Hal ini merupakan langkah antisipasi pihak penerbit kartu, dalam hal ini bank, untuk meminimalisir sekecil apa pun potensi-potensi kejahatan maupun penyalahgunaan kartu ATM yang mungkin terjadi, misalnya kartu ATM yang dikarenakan suatu sebab hingga akhirnya dipegang oleh orang lain.
Lihat juga: #Kode Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan ATM Bersama
Jika Anda mengalami situasi tersebut, tak perlu panik karena untuk mengaktifkan kembali kartu ATM khususnya bank BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga sangatlah mudah. Yang diperlukan hanyalah sebuah telepon singkat yang hanya berdurasi kurang dari 10 menit saja. Dan kartu ATM milik Anda pun dapat dipergunakan kembali.
Hal berbeda jika Anda dihadapkan pada situasi lain, misalnya seperti kartu tanpa sengaja tertelan di mesin ATM, kartu ATM hilang, kartu ATM rusak dan lain sebagainya yang hanya dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke bank tempat Anda membuka rekening.
Lihat juga: #Batas Maksimal Tarik Tunai Dan Transfer ATM BCA, Mandiri, BNI, BRI dan CIMB Niaga
Bagi Anda yang dihadapkan pada situasi diatas, berikut adalah daftar nomer telepon layanan konsumen (Call Center) bank BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga yang bisa Anda hubungi untuk unblock atau mengaktifkan kartu ATM kembali saat kartu terblokir.
- Bank Mandiri
- Bank BNI
- Bank BCA
- Bank CIMB Niaga
Tata Cara dan Hal Yang Diperlukan Saat Proses Aktivasi (Berlaku Untuk Semua Bank)
1. Semua panggilan telepon ke Call Center berbayar, itu artinya Anda wajib mengecek terlebih dahulu jumlah pulsa yang Anda miliki sebelum menelepon agar pembicaraan tidak terputus di tengah jalan.
2. Proses memerlukan waktu sekitar 5 menit hingga 10 menit (kondisional). Dengan lamanya waktu proses, pastikan terlebih dahulu jika baterai ponsel Anda mencukupi.
3. Ingat atau catat nomer rekening yang tertera pada buku tabungan karena pasti akan ditanyakan oleh customer service.
4. Akun rekening bank bersifat pribadi dan sangat rahasia, oleh sebab itu Anda juga akan diminta untuk memberikan verifikasi berdasarkan data-data yang Anda cantumkan saat Anda membuka rekening untuk memastikan 100% jika kartu ATM tersebut adalah benar milik Anda.
5. Call Center akan menanyakan, "Apakah Bapak/Ibu masih ingat nomer PIN kartu ATM-nya?". Anda hanya perlu menjawab "Ya" atau "Tidak" tanpa perlu menyebutkan nomer PIN Anda karena nomer PIN tersebut hanya boleh diketahui oleh Anda sendiri, tidak terkecuali oleh Call Center bank yang bersangkutan. Jika Anda masih ingat PIN yang Anda miliki, maka proses aktivasi dapat dilakukan via telepon, akan tetapi jika Anda tidak ingat, maka Anda harus datang secara langsung ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM.
6. Setelah langkah-langkah tersebut selesai, kartu ATM dapat digunakan kembali di hari yang sama (beberapa bank bahkan tak sampai 1 jam).
Selain keempat bank diatas, ada juga beberapa bank yang cara pengaktifannya hanya dapat dilakukan secara langsung. Misalnya Bank BRI yang mewajibkan nasabahnya untuk datang langsung ke kantor Bank BRI dimana nasabah tersebut membuka rekening dengan menyertakan KTP, kartu ATM dan buku tabungan. Sedangkan biaya untuk proses pengaktifan kembali dikenakan sebesar 5.000 rupiah.
Apakah benar untuk aktivasi lpin harus menunggu telpon dari pihak bank ..Terimakasih
BalasHapus